Mengatur Waktu Anda
Pernahkah Anda pergi tidur dengan perasaan seperti Anda membutuhkan satu atau dua jam ekstra untuk mengurus semua pekerjaan Anda? Apakah waktu adalah musuh Anda saat ini? Jika itu terdengar seperti Anda, inilah saatnya untuk mulai belajar bagaimana mengatur waktu Anda dengan lebih baik. Lihat tip di bawah ini untuk benar-benar memanfaatkan hari Anda dengan lebih baik. Untuk mengatur waktu yang Anda miliki dengan lebih baik dalam sehari, buatlah rencana untuk itu! Selalu duduk malam sebelumnya dan buat daftar apa yang harus Anda selesaikan. Prioritaskan semua yang ada di daftar dan coret tugas satu per satu saat Anda menyelesaikannya. Biasakan kebiasaan ini, dan Anda harus mencapai lebih banyak tujuan dan memiliki lebih banyak waktu dalam sehari. Jangan takut perpecahan! Banyak tugas yang tampaknya mustahil dalam daftar tugas Anda sebenarnya terdiri dari beberapa tugas kecil. Untuk mengatur waktu Anda dengan bijak, bagi tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan kecil. Anda akan dapat menangani bagian individu dari pekerjaan besar satu per satu, membuat kemajuan dan mempertahankan motivasi Anda. Jika Anda kesulitan menyesuaikan semua tugas pada hari itu, coba gunakan kalender untuk mempermudah. Gantung di lemari es Anda atau simpan kalender meja di tempat kerja. Tandai prioritas Anda dengan waktu tertentu untuk menyelesaikan sesuatu dan Anda harus dapat beroperasi lebih efisien dengan sedikit waktu tersisa.
Pertimbangkan untuk mengambil kelas manajemen waktu. Mungkin Anda tidak yakin bagaimana mengatur waktu Anda. Mengikuti kelas dapat membantu Anda mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak. Anda dapat menemukan kelas-kelas ini di perguruan tinggi lokal dan bahkan online. Biasanya mereka berbiaya rendah atau bahkan gratis. Jika Anda ingin memaksimalkan waktu Anda, mulailah hari Anda dengan meluangkan waktu 30 menit untuk merencanakan seluruh hari Anda. Kali ini yang Anda luangkan untuk merencanakan hari Anda akan menghemat banyak waktu dalam jangka panjang. Dengan merencanakan hari Anda, Anda akan memiliki jadwal untuk diikuti dan akan menghindari membuang-buang waktu dengan tugas yang tidak perlu. Mengatakan ya tidak selalu diperlukan. Saat Anda mengatakan ya untuk semuanya, Anda akan kewalahan. Jika Anda memiliki terlalu banyak tugas yang harus dilakukan, tinjau jadwal Anda. Bisakah Anda menghilangkan atau memberikan beberapa tugas kepada orang lain? Mintalah bantuan orang yang Anda cintai. Tutup pintumu agar tidak ada yang mengganggumu. Jika pintu Anda terbuka, ini merupakan sinyal bagi orang lain bahwa Anda dapat dihubungi untuk pertanyaan dan masalah mereka. Anda akan memiliki privasi saat menutup pintu. Pintu akan menjadi sinyal bagi orang lain bahwa Anda perlu waktu untuk fokus, dan ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur waktu dengan lebih efisien. Jangan menjawab pesan teks, pesan instan, atau panggilan telepon saat mengerjakan tugas kecuali dalam keadaan darurat. Jika Anda menerima telepon, Anda akan lupa di mana Anda tinggalkan. Selesaikan apa yang Anda lakukan sebelum membalas panggilan, teks, dan pesan instan.
Percaya atau tidak, istirahat dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Jika Anda stres tentang apa yang perlu diselesaikan, Anda tidak berfokus pada tugas yang ada. Beristirahatlah saat Anda merasa kewalahan dan kembali ke proyek saat Anda segar kembali. Tetap fokus pada tugas untuk membuat hidup lebih mudah. Hindari gangguan yang mengganggu. Orang terkadang mencoba memberi Anda proyek lain saat Anda mengerjakan sebuah proyek. Anda seharusnya tidak membiarkan ini terjadi. Selesaikan proyek Anda saat ini sebelum Anda memulai yang baru. Carilah kursus manajemen waktu di community college lokal atau di tempat kerja Anda. Jika Anda kesulitan mengatur jadwal, Anda bisa belajar sedikit tentang cara membatasi stres di tempat kerja. Mempelajari cara mengelola waktu Anda dengan sukses dari seorang guru yang berpengalaman akan terbukti bermanfaat. Tempatkan diri Anda dulu. Seringkali, kita mendapati diri kita menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan kita. Sadarilah bahwa sebagian besar stres dari hari yang tidak dikelola dengan baik adalah tidak menyelesaikan bisnis Anda sendiri. Prioritaskan kebutuhan dan tugas Anda dan kurangi tekanan. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada kebutuhan orang lain saat waktunya tiba. Pada banyak momen di mana Anda merasa kewalahan dengan banyaknya pekerjaan yang harus Anda lakukan, tip manajemen waktu yang paling efektif adalah tidak melakukan apa-apa setidaknya selama satu menit. Tenangkan diri Anda dan biarkan pikiran Anda jernih. Apa yang benar-benar mendesak dan perlu dilakukan saat ini akan menampakkan dirinya kepada Anda. Sisanya bisa menunggu dan bahkan mungkin berhasil sendiri. Tip-tip ini akan membantu Anda memulai dengan langkah yang benar. Mereka harus meningkatkan keterampilan Anda sebagai manajer waktu. Waktu sangat berharga, jadi harus digunakan dengan baik. Jika Anda efisien dengan waktu Anda, Anda akan sangat terkejut dengan segala sesuatu yang dapat Anda selesaikan dalam satu hari!.
sumber gambar : https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/06/200400023/menjelajahi-waktu-ala-lorong-waktu-mungkinkah-dilakukan-oleh-manusia-?page=all
Tag:akademik UMA, arikel uma, efektif, fokus, istirahat, JADWAL, manajemen, teks, tips, waktu