• BERANDA
  • PROFIL
    • Visi & Misi
    • Fungsi & Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • Pimpinan dan Staff
    • Program Kerja
  • BERITA
  • KERJASAMA
  • SPMI
    • Buku Pedoman SPMI
    • SPMI Universitas
      • Standar
      • Manual
        • Manual Evaluasi
          • Manual Evaluasi Pendidikan
          • Manual Evaluasi Penelitian
          • Manual Evaluasi Pengabdian
          • Manual Evaluasi Melampaui
        • Manual Pelaksanaan
          • Manual Pelaksanaan Pendidikan
          • Manual Pelaksanaan Penelitian
          • Manual Pelaksanaan Pengabdian
          • Manual Pelaksanaan Melampaui
        • Manual Penetapan
          • Manual Penetapan Pendidikan
          • Manual Penetapan Penelitian
          • Manual Penetapan Pengabdian
          • Manual Penetapan Melampaui
        • Manual Pengendalian
          • Manual Pengendalian Pendidikan
          • Manual Pengendalian Penelitian
          • Manual Pengendalian Pengabdian
          • Manual Pengendalian Melampaui
        • Manual Peningkatan
          • Manual Peningkatan Pendidikan
          • Manual Peningkatan Penelitian
          • Manual Peningkatan Pengabdian
          • Manual Peningkatan Melampaui
      • Kebijakan
      • SOP/Formulir
      • SPMI Online
    • SPMI Fakultas
      • Fakultas Psikologi
        • SPMI Psikologi
      • Fakultas Ekonomi
        • SPMI Program Studi Akuntansi
        • SPMI Program Studi Manajemen
      • Fakultas Hukum
        • SPMI Hukum
      • Fakultas Teknik
        • SPMI Program Studi Teknik Sipil
        • SPMI Program Studi Teknik Elektro
        • SPMI Program Studi Teknik Mesin
        • SPMI Program Studi Arsitektur
        • SPMI Program Studi Teknik Industri
        • SPMI Program Studi Teknik Informatika
      • Fakultas Isipol
        • SPMI Program Studi Ilmu Pemerintahan
        • SPMI Program Studi Administrasi Publik
        • SPMI Program Studi Ilmu Komunikasi
      • Fakultas Sains & Teknologi
        • SPMI Program Studi Biologi
      • Fakultas Pertanian
        • SPMI Program Studi Agroteknologi
        • SPMI Program Studi Agribisnis
      • Pascasarjana
        • Magister Administrasi Publik
        • Magister Hukum
        • Magister Agribisnis
        • Magister Psikologi
        • Doktor Ilmu Pertanian
  • EVALUASI
    • Nama GJM & GKM
    • LAPORAN MONITORING GJM & GKM
    • Arsip Gugus Jaminan Mutu dan Gugus Kendali Mutu
  • AMI
    • Panduan Audit
    • DAFTAR AUDITOR INTERNAL
    • Hasil Audit Mutu Internal
  • SPME
    • SPME NASIONAL
    • SPME INTERNASIONAL
  • LAYANAN & INFORMASI
    • Aplikasi
      • SPMI UMA
      • SPMI KEMDIKBUD
      • SISAKTI KEMDIKBUD
      • SUSITAO
      • Repository UMA
      • APON UMA
    • Arsip Digital
      • File Arsip
      • Instrumen Suplemen Konversi BAN-PT
      • INSTRUMEN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PERINGKAT AKREDITASI (IPEPA)
      • Dokumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0
      • INSTRUMEN AKREDITASI LEMBAGA AKREDITAS MANDIRI (LAM)
      • Future Higher Education Initiatives in Indonesia
    • Galeri
    • Help Desk
Lembaga Penjaminan Mutu
    • BERANDA
    • PROFIL
      • Visi & Misi
      • Fungsi & Tujuan
      • Struktur Organisasi
      • Pimpinan dan Staff
      • Program Kerja
    • BERITA
    • KERJASAMA
    • SPMI
      • Buku Pedoman SPMI
      • SPMI Universitas
        • Standar
        • Manual
          • Manual Evaluasi
            • Manual Evaluasi Pendidikan
            • Manual Evaluasi Penelitian
            • Manual Evaluasi Pengabdian
            • Manual Evaluasi Melampaui
          • Manual Pelaksanaan
            • Manual Pelaksanaan Pendidikan
            • Manual Pelaksanaan Penelitian
            • Manual Pelaksanaan Pengabdian
            • Manual Pelaksanaan Melampaui
          • Manual Penetapan
            • Manual Penetapan Pendidikan
            • Manual Penetapan Penelitian
            • Manual Penetapan Pengabdian
            • Manual Penetapan Melampaui
          • Manual Pengendalian
            • Manual Pengendalian Pendidikan
            • Manual Pengendalian Penelitian
            • Manual Pengendalian Pengabdian
            • Manual Pengendalian Melampaui
          • Manual Peningkatan
            • Manual Peningkatan Pendidikan
            • Manual Peningkatan Penelitian
            • Manual Peningkatan Pengabdian
            • Manual Peningkatan Melampaui
        • Kebijakan
        • SOP/Formulir
        • SPMI Online
      • SPMI Fakultas
        • Fakultas Psikologi
          • SPMI Psikologi
        • Fakultas Ekonomi
          • SPMI Program Studi Akuntansi
          • SPMI Program Studi Manajemen
        • Fakultas Hukum
          • SPMI Hukum
        • Fakultas Teknik
          • SPMI Program Studi Teknik Sipil
          • SPMI Program Studi Teknik Elektro
          • SPMI Program Studi Teknik Mesin
          • SPMI Program Studi Arsitektur
          • SPMI Program Studi Teknik Industri
          • SPMI Program Studi Teknik Informatika
        • Fakultas Isipol
          • SPMI Program Studi Ilmu Pemerintahan
          • SPMI Program Studi Administrasi Publik
          • SPMI Program Studi Ilmu Komunikasi
        • Fakultas Sains & Teknologi
          • SPMI Program Studi Biologi
        • Fakultas Pertanian
          • SPMI Program Studi Agroteknologi
          • SPMI Program Studi Agribisnis
        • Pascasarjana
          • Magister Administrasi Publik
          • Magister Hukum
          • Magister Agribisnis
          • Magister Psikologi
          • Doktor Ilmu Pertanian
    • EVALUASI
      • Nama GJM & GKM
      • LAPORAN MONITORING GJM & GKM
      • Arsip Gugus Jaminan Mutu dan Gugus Kendali Mutu
    • AMI
      • Panduan Audit
      • DAFTAR AUDITOR INTERNAL
      • Hasil Audit Mutu Internal
    • SPME
      • SPME NASIONAL
      • SPME INTERNASIONAL
    • LAYANAN & INFORMASI
      • Aplikasi
        • SPMI UMA
        • SPMI KEMDIKBUD
        • SISAKTI KEMDIKBUD
        • SUSITAO
        • Repository UMA
        • APON UMA
      • Arsip Digital
        • File Arsip
        • Instrumen Suplemen Konversi BAN-PT
        • INSTRUMEN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PERINGKAT AKREDITASI (IPEPA)
        • Dokumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0
        • INSTRUMEN AKREDITASI LEMBAGA AKREDITAS MANDIRI (LAM)
        • Future Higher Education Initiatives in Indonesia
      • Galeri
      • Help Desk

    Artikel

    • Home
    • Blog
    • Artikel
    • 7 Tips Pilih Software Evaluasi Kinerja Karyawan untuk Perusahaan

    7 Tips Pilih Software Evaluasi Kinerja Karyawan untuk Perusahaan

    • Posted by Lembaga Penjaminan Mutu
    • Categories Artikel
    • Date March 10, 2023

    alah satu diskusi paling awkward antara manajer dan karyawan adalah evaluasi kinerja karyawan tahunan. Tanpa disadari, kesalahan terbesar banyak manajer dalam evaluasi tahunan adalah meminta pertanggungjawaban karyawan atas apa yang mereka lakukan satu tahun kebelakang. Anda harus mementingkan satu hal ini: Bagaimana evaluasi kinerja karyawan dapat memberikan rasa adil sebanding dengan berbagai rintangan yang diatasi karyawan itu sendiri. 

    Salah satu tujuan evaluasi kinerja tahunan tentu untuk mempertahankan dan memuaskan karyawan yang bekerja di kantor maupun yang bekerja dari jarak jauh (remote). Maka dari itu, untuk mencapai tujuan perusahaan, dibutuhkan manajemen kinerja karyawan dengan kehadiran software yang terintegrasi dan efektif. Karena Itulah mengapa memilih sistem software untuk menilai dan mengevaluasi kinerja karyawan sangatlah penting. Mari simak ulasan tentang tips memilih software terbaik untuk menilai dan mengevaluasi employee performance.

    Cara dan Tips Memilih Software Evaluasi Kinerja Karyawan

    1. Cermati Fitur Apa Saja yang Ditawarkan oleh Sistem

    Breakdown apa saja tantangan yang dihadapi oleh organisasi atau perusahaan Anda saat ini. Tantangan ini terutama dalam hal manajemen tenaga kerja yang perlu untuk ditinjau perusahaan. Setelah tantangan teridentifikasi, manajer HR dalam hal ini perlu meninjau proses pemberian jobdesc dan specific goal kepada staff-nya, apakah telah tersampaikan dengan baik?

    Manajemen SDM juga penting untuk membuat daftar area mana saja yang ingin ditingkatkan atau diperbaiki. Serta cermati pula tentang beragam fitur yang ditawarkan sistem manajemen kinerja, yang dapat membantu HR dalam meninjau kinerja karyawan di perusahaan. 

    2. Memilih Vendor yang Andal dan Unggul

    Untuk mendapatkan layanan customer yang unggul, Anda harus memilih vendor yang andal. Periksa secara menyeluruh apakah vendor menawarkan support setelah software diinstal di perusahaan Anda. 

    Pilih provider dengan friendly customer service, yang mana mereka akan memandu Anda dengan senang hati dalam menghadapi permasalahan terkait software. Dalam prosesnya, saat jumlah karyawan sebagai user bertambah, atau Anda ingin menambah fitur baru ke software untuk mengevaluasi karyawan, lakukan pengukuran skala yang tepat.

    3. Jenis Reporting Tool yang Tersedia

    Salah satu kesulitan manajer dalam menilai dan melakukan evaluasi kinerja karyawan adalah menggunakan paper-based system, yang berisiko human error. Untuk itu, HR reporting system dapat membantu Anda membuat laporan, untuk lebih memahami potensi karyawan, progress, dan wellness secara keseluruhan di perusahaan.

    Pahami dengan betul bagaimana sistem laporan kinerja yang terdapat pada software HR yang Anda pilih. Filter jenis reporting tool apa yang Anda perlukan, seperti pelaporan menurut tim, lokasi, waktu, atau employee level. 

    4. Pastikan Sistem Selaras dengan Kebutuhan Bisnis

    Memastikan program yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasi manajemen kinerja sangat penting dilakukan sebelum memilih software HR terbaik. Pastikan sistem yang ada bersifat fleksibel dan stabil dalam mengelola urusan SDM, ini penting dipertimbangkan untuk membuat kerja manajer lebih efisien. Software HR sangat membantu manajer untuk melacak kinerja sebagian besar karyawannya secara akurat, minim kesalahan manual, dan terintegrasi dengan sistem payroll.

    5. Dilengkapi Kemudahan Employee-Self Service

    Portal employee-self service menawarkan kemudahan bagi karyawan untuk mengakses software HR kapan pun dan dimana pun. Karyawan dapat leluasa melakukan self-reviews, meng-input informasi tentang kegiatan pelatihan dan pengembangan, evaluasi perusahaan, memberikan reaksi, dan lain sebagainya. 

    Dalam proses manajemen kinerja, sistem HR membantu profesional SDM untuk mengintegrasikan hasil evaluasi kinerja karyawan, dan sistem kompensasi yang lengkap. Keuntungan inilah yang menciptakan proses analisis dan pelaporan menjadi lebih mudah. 

    6. Kemudahan dalam Mengakses Platform 

    Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, software HR mempunyai kelebihan dalam meringankan kerja HRD dan dilengkapi fitur Employee Self Service, sehingga karyawan dapat mengakses layanan secara mandiri. Namun kelebihan tersebut tidak dirasakan, jika sistem software terlalu rumit atau tidak user-friendly.

    Maka software HR yang baik harus mudah dipahami dan digunakan. Platform harus dapat diakses dengan cepat dan mudah menggunakan jenis perangkat apapun.

    7. Budget Harus Sesuai dengan Sistem Software yang Dipilih

    Budget harus menjadi daftar pertama yang disesuaikan dengan performance software yang dipilih. Anda bisa meninjau kembali daftar item fitur layanan sistem, yang menawarkan fungsionalitas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

    Views: 0

    Tag:artikel, kampus di medan, kampus internasional, kampus swasta terbaik, kampus uma sehat, Spmi, tips, uma bestari, uma unggul, universitas standar internasional

    • Share:
    author avatar
    Lembaga Penjaminan Mutu

    Previous post

    Mengenal LAM
    March 10, 2023

    Next post

    5 Tahapan Manajemen Strategis yang Penting Diketahui Manajer
    March 11, 2023

    You may also like

    Pentingnya Kesejahteraan Karyawan! Ini 3 Manfaatnya
    3 May, 2023

    Kesejahteraan karyawan selalu identik dengan kondisi finansial yang dimiliki setiap individu. Padahal, konsep sejahtera tak melulu tentang uang, tapi juga kesehatan baik fisik dan mental hingga kenyamanan di lingkungan tempat kerja. Memperhatikan kesejahteraan pegawai sangat penting karena akan membuat karyawan …

    Naik Signifikan, Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 7% Saat Ramadan
    29 April, 2023

    Penjualan produk industri makanan dan minuman atau mamin diprediksi tumbuh 5-7% saat Ramadan 2023. Pertumbuha industri makanan dan minuman tersebut diprediksi terus meningkat hingga akhir tahun. Direktur Industri Agro Kementerian Perindustrian atau Kemenperin, Putu Juli Ardika, mengatakan pertumbuhan industri mamin …

    Nestle Beri Pegawai Perempuan Cuti Melahirkan 7,5 Bulan, Ini Alasannya
    28 April, 2023

    Nestle Indonesia menekankan komitmen untuk memberdayakan perempuan di area lingkungan kerja, salah satunya dengan menerapkan kebijakan Global Parental Policy, seperti mengizinkan karyawan perempuannya untuk cuti melahirkan selama 7,5 bulan. “Hal ini dilakukan agar mereka yang melahirkan bisa memberikan ASI kepada anaknya secara …

    Search

    Latest Posts

    Penyusunan Dokumen ISK 8 Program Studi Universitas Medan Area
    25May2023
    Diskusi Sistem Penjaminan Mutu Terkait Kelengkapan Pemenuhan Instrumen Suplemen Konversi (ISK)
    10May2023
    LLDikti Wilayah 1 Mengunjungi Universitas Medan Area (UMA) Terkait Monev Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Program Studi UMA
    04Apr2023

    logo-lke-uma

    0811-6013-888

    univ_medanarea@uma.ac.id

    Kampus I

      Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
     (061) 7360168, 7366878, 7364348.
    Fax : (061) 7368012
    Call Center : 0811-6013-888 (Hotline) 
     univ_medanarea@uma.ac.id

    Kampus II

     Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
     (061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
    Fax : (061) 8226331
     pasca@uma.ac.id

    Copyright © 2023 Lembaga Penjaminan Mutu - Universitas Medan Area.